.s.e.a.r.c.h.

8/23/11

nasib para lansia di negeri pertiwi

gue barusan aja keluar dari persemedian gue (kamar kosan). gila di luar dingin banget. gue yakin kalo suhu di luar tiap malem pasti kayak gini. wajar sih, namanya juga di malang. kalo di jakarta mah ga bakalan pernah gue kedinginan kayak disini.

udah lama gue ngedekem di kamar, gue keluar soalnya pengen nyari camilan. di luar ternyata masih banyak banget mahasiswa, terutama cowok, yang keliaran. meskipun ini udah musim liburan, tapi masih banyak yang bertahan di malang cuma buat ngurusin kartu rencana studi mereka.

oke, tadinya gue memutuskan buat beli minuman dingin, tapi setelah gue keluar dan ternyata di luar itu dingin banget, jadi gue urungin niat gue dan gue milih buat beli mie ayam aja. lumayan buat ganjel perut, soalnya gue jarang sahur.

sori, bukan ini yang pengen gue ceritain sebenernya.
"malah curhat kan gue, ahh.."

jadi gini. pas gue lagi beli mie ayam itu, di sebelahnya gerobak abangnya ada nenek-kakek yang bawa gerobak jualan, mereka jualan kacang rebus. udah sekali sih gue ngeliat. dan tiap kali gue ngeliat mereka, selalu perasaan iba muncul, nyebelinnya gue ga tau mesti ngapain. gue pengen bantu mereka, tapi gue bingung gimana caranya. masa gue mesti ngeborong itu kacang rebus segerobak? masalahnya gue males beli juga. kalo seandainya gue beli, trus yg makan kacangnya siapa? lah gue sendiri gitu di kosan.

gue meratapi mereka, sumpah gue merasa serba salah. gue liat kacang rebus di gerobak masih banyak, padahal ini udah jam sepuluh malem. mereka ngedorong berdua itu gerobak, sampe jam segini. kalo ngerasa kasian, itu sama aja berarti ngelecehin usaha kerja keras mereka. tapi kalo ga di bantu karena dorongan rasa kasihan, gue juga ga tau mereka bakalan bertahan pake apa. sambil sebentar-sebentar ngelirik, gue merenung, mikirin kira-kira mereka tiap hari makan apa. apa cuma nasi putih, ikan asin, sama air bening doang? ato malah mereka jarang makan demi ngirit uang penghasilan mereka yang ga seberapa dari hasil jualan mereka.

sebelumnya gue pernah ngeliat mereka, masih di daerah kosan gue juga tapi waktu itu masih sore, dagangan mereka masih anget dan melimpah. si bapak sambil ngedorong gerobak sambil teriak "kacaaaang!" dan si ibunya ngebantu dorong di sampingnya. gue amat yakin kalo orang-orang di dalam rumah yang hangat itu pasti ga pada denger. dan sejak saat itu gue selalu penasaran gimana cara mereka ngelewatin hari-hari mereka, yang seharusnya menikmati kerja keras masa muda mereka.

satu hal lagi yang gue sadari, kalo fenomena kayak gini ga cuma ada satu ato dua aja. di setiap tempat pasti ada, dan itu ga cuma di daerah kota besar aja kayak jakarta, tapi juga di kota kecil dan desa-desa di seluruh Indonesia. mungkin aja jumlahnya bisa ribuan kalo di survey. ini ga banyak, tapi BANYAK BANGET! dan ga satu tindakan pun yang bisa mengatasinya. 

aslinya, gue ga masalah kalo mereka jualannya ato dagangnya tuh layak, menghasilkan, dan pasti. punya saham misalnya, ga ga masalah deh gue. tapi ini apa nyatanya? lebih banyak masyarakat lansia yang masa tuanya diisi buat jualan hal-hal sepele dan itu demi menyambung hidup! jualan kacang rebus, jadi loper koran, jualan umbi-umbian, penyari rumput, pengangkut ranting dan batang pohon, pembuat kerajinan kayak sapu lidi, sapu ijuk, tampah, bahkan lebih parahnya banyak yang pencari sampah dan tukang minta-minta!

gue ga tau apa manfaat dari UUD1945 yang udah dirancang sama pendiri negara dari jaman bahela itu. apa cuma jadi draft pekerjaan rumah para pengatur negara ini? gila, baru draft men! berartikan belom diapa-apain, dan artinya sama aja kayak sampah! ga berguna. sori rada frontal, sedikit terbawa suasana. tapi benerkan? apaan coba kalo suatu rancangan yang udah mateng ampe mau gosong tapi ga dipake-pake, jadinya apa kalo ga sampah, udah basi, kadaluarsa, ga layak di pake. gue ibaratin kayak baju deh. gue punya baju, bagus banget keren deh pokoknya mahal lagi hasil cipta karya orang terkenal dan profesional di bidangnya, tapi jarang gue pake soalnya masih banyak baju laen yang mesti gue urus, pake cuci setrika, akhirnya baju ini gue tinggalin di lemari dan pas gue liat lagi ternyata udah rusak, parah, ga layak pake dan akhirnya malah jadi lap pel ama nyokap gue. sip kan tuh.

udah gue ga ngerti, cuma segini kepahaman gue kalo ngebahas masalah beginian. gue cuma bisa mengangkat sedikit fakta, membandingkan, lalu mempertanyakan, sisanya gue cuma bisa nyerahin, sama yang berwajib dan bertanggung jawab juga sama Allah SWT, mudah-mudah masalah kayak gini cepet kelar di negara yang sangat gue cintain ini.


lo tau, akhirnya mei ayam gue luber selama gue nulis posting ini. ahh asem!


Kapan ya para kakek nenek di Indonesia bisa hidup bahagia kayak gini?


No comments:

Post a Comment

komentar? bole bole.

.v.i.d.e.o.